Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Minggu tutup
Beranda » Buku Cetak » Mutiara Khutbah Berbasis Kajian Tafsir dan Hadis (Penulis: H. Rozian Karnedi, M.Ag., dan Musfirawati, M.Pd.)
click image to preview activate zoom
Diskon
18%
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! Quick Order
Bagikan ke

Mutiara Khutbah Berbasis Kajian Tafsir dan Hadis (Penulis: H. Rozian Karnedi, M.Ag., dan Musfirawati, M.Pd.)

Mutiara Khutbah Berbasis Tafsir dan Hadis

@ Dr. H. Rozian Karnedi, M.Ag. &  Musfirawati, M.Pd.

 

Penulis:               Dr. H. Rozian Karnedi, M.Ag. &  Musfirawati, M.Pd.

 

Diterbitkan oleh:

CV. Intishar Publishing

Anggota IKAPI No. 168/JTE/2018

Alamat: BumirejoRT01 RW04

Puring, Kebumen, Jawa Tengah

Workshop: Sejati Dukuh, Sumberarum, Moyudan

Sleman, Yogyakarta

Email: intisharpublishing@gmail.com

No.HP: 081246647659

website: www.cvintisharpublishing.com

 

Cetakan I: September 2023

Kebumen,CV. Intishar Publishing

161  Halaman: 18 x 25 cm

ISBN:

sinopsis: Buku yang ada dihadapan pembaca ini merupakan kumpulan materi khutbah yang pernah penulis sampaikan di berbagai masjid  di daerah yang pernah menjadi  domisili penulis antara lain  Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu dan Yogyakarta.

Berdasarkan persfektif syariah,  khutbah Jumat merupakan  bagian dari ibadah Jumat (bukan ceramah biasa), karena itu menjadi khatib  merupakan tugas yang sangat mulia. Namun demikian, seorang khatib dituntut untuk memahami  dan memperhatikan syarat syah dan rukun khutbah Jumat. Untuk syarat sah khutbah  yakni: 1) dalam keadaan suci 2) menutup aurat 3) berdiri bagi yang mampu 4) mengeraskan suara 5) rukun khutbah harus disampaikan dalam bahasa Arab 6) duduk di antara dua khutbah 8) berturut-turut  antara khutbah pertama  dan khutbah kedua.  Adapun  Rukun khutbah  Jumat adalah sebagai berikut;  pada  khutbah pertama: 1) membaca hamdalah 2) membaca selawat kepada Nabi muhammad SAW. 3) memberikan wasiat taqwa 4) membaca satu atau beberapa ayat Alquran. Pada khutbah kedua: 1) membaca hamdalah 2) membaca selawat kepada Nabi Muhammad SAW. 3) wasiat taqwa 4) mendoakan untuk  umat Islam.

Khutbah Jumat bertujuan  untuk memberikan ilmu, mengarahkan dan  mencerdaskan jamaah (wujud kewajiban menuntut ilmu bagi laki-laki). Khutbah Jumat sifatnya adalah tabligh, tausiah, mauizatul hasanah, nasehat, arahan, ajakan, bimbingan, tuntunan, targhib ( motivasi dan dorongan). Karena itu materi khutbah seharusnya bersifat menyejukkan dan menambah keimanan, bukan provokasi dan membingungkan umat.
Dalam khutbah tidak tepat pembahasan seperti kajian di majelis taklim apalagi sampai mengangkat masalah khilafiyah dan hal-hal yang kontroversial.

Kutbah di sunnahkan menggunakan kata-kata yang fasih dan lancar, tersusun, teratur, rapi dan mudah dimengerti jangan terlalu tinggi dan jangan pula bertele-tele atau ngelantur tidak karuan, sebab hal yang demikian tidak akan memberikan pengaruh sedikitpun dalam hati jamaah. Sebaiknya khotib memilih kata-kata yang mudah dimengerti atau dipahami, singkat dan berisi. Materi khutbah harus menarik, mengena, aktual, sesuai dengan kondisi atau kebutuhan jamaah.Khutbah hendaklah ringkas, waktunya sekitar  15- 20 menit. Karena  Faktor-faktor yang menyebabkan jamaah sering tertidur  ketika mendengarkan khutbah antara lain; 1)  khutbah terlalu panjang 2) tema yang disampaikan kurang menarik 3) tema tidak aktual dan sudah disampaikan sebelumnya.

Materi khutbah jumat dalam buku  ini mengakomodir syarat rukun dan aktualisasi materi  yang dijelaskan  tersebut, sehingga  tetap  relevan dan menarik untuk disampaikan.  Tidak hanya itu, buku ini juga menyuguhkan khutbah ‘id,  gerhana, nikah dan wukuf. Hanya saja penulisan  buku ini tidak begitu mengikuti prosedur tulisan ilmiah seperti tidak mencantum catatan kaki, masih menggunakan bahasa lisan  seperti penggunaan kata ‘kita”, “beliau” dan lain-lain yang tidak lazim terjadi dalam tulisan ilmiah seperti jurnal. Namun bukan berarti materi dalam buku ini  tidak memiliki referensi, semua sumber bacaan penulis  cantumkan di bagian daftar pustaka. Penulis berharap pembaca dapat memaklumi hal tersebut,  karena buku ini disuguhkan tidak hanya untuk komunitas akademik, namun juga untuk seluruh  berbagai lapisan masyarakat.

Mutiara Khutbah Berbasis Kajian Tafsir dan Hadis (Penulis: H. Rozian Karnedi, M.Ag., dan Musfirawati, M.Pd.)

Berat 300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 150 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: